Proposal Pengantar Bisnis “Semerbak Coffee”

Kata pengantar

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas berkah dan rahmat-Nya Saya bisa menyusun proposal ini dengan sebaik-baiknya. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Adapun maksud dan tujuan penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi tugas Komunikasi Bisnis.

Dalam penyusun proposal ini Saya tentu  menjumpai beberapa hambatan, namun berkat dukungan dari berbagai pihak akhirnya Saya dapat menyelesaikan  proposal ini dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu melalui kesempatan ini Saya sebagai penyusun mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak terkait yang telah membantu Saya menyelesaikan proposal ini.

Segala sesuatu yang salah datangnya dari manusia yaitu Saya sendiri sedangkan segala sesuatu yang benar datangnya hanya dari Allah SWT, untuk itu Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penyusunan proposal ini masih terdapat berbagai kesalahan baik itu dalam penulisan atau tata bahasa, dan kritik beserta saran yang membangun sangat Saya harapkan guna untuk memperbaiki kesalah-kesalahan pada tahap selanjutnya.

Semoga proposal ini bermanfaat khususnya bagi Saya sebagai penyusun umumnya untuk semua pihak pembaca.

Penyusun

BAB I

RANGKUMAN EKSEKUTIF

1.1.         Latar Belakang

Jakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang sangat kental dengan beragam budaya dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Kota Jakarta juga memiliki berbagai macam makanan khas seperti makanan yang sangat terkenal dari Kota ini adalah kerak telor yang mempunyai rasa manis yang khas dan membuat orang-orang ketagihan ketika mencobanya. Jakarta juga dikenal dengan kemacetan di daerah manapun, terlebih lagi ketika jam pulang kerja, yang membuat orang yang sedang dijalanan merasa stres dan pusing menghadapinya.

Dan terdapat juga Para Mahasiswa di jakarta sangat identik dengan yang namanya suntuk, galau, resah, dan gelisah, baik karena tugas, organisasi, dosen, dan pihak-pihak lain yang bersangkutan. Kami membuka Semerbak Coffee diperuntukan bagi kaula muda dan para Mahasiswa untuk  refreshing dari penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan di temani secangkir kopi merupakan moment yang pas untuk nongkrong dan berbagi cerita bersama teman, pasangan, dan lain-lain.

Perusahaan ini berdiri karena kegemaran kami kepada kopi dan kepada buku yang kami anggap sebagai teman setia dalam situasi apapun. semerbak Coffee akan di dirikan di kota Jakarta dengan  konsep “nongkrong hemat bermanfaat”. Dengan harga yang bersahabat semerbak coffee memberikan berbagai fasilitas khususnya buku bacaan untuk menemani pengunjung yang gemar membaca baik fiksi maupun non-fiksi. Kami memilih buku sebagai fasilitas utama dalam perusahaan ini karena mengingat minat baca para anak muda jaman sekarang ini menurun, dan Kami berharap dengan adanya semerbak coffee bisa meningkatkan minat baca Mereka. Selain berbagai macam buku Kami juga memiliki fasilitas tambahan seperti alat musik bagi pengunjung yang suka akan musik, dan wifi bagi pengunjung yang hanya sekedar ingin nongkrong sambil browsing berbagai hal dari tugas kuliah sampai hal yang paling tidak penting sekalipun.

Semerbak coffee  di dirikan untuk kaula muda yang gemar akan berbagai macam kopi dari kopi luwak sampai vanila latte, dan bagi kaula muda, para Mahasiswa yang gemar akan membaca berbagai buku penegtahuan.

1.1.         Visi, Misi, dan Strategi Perusahaan

1.1.1    Visi perusahaan

Menjadi kedai kopi yang mampu berkompetisi dan mempunyai daya  saing yang tinggi.

1.1.2    Misi perusahaan

  1. Memberikan layanan yang berorientasi pada kepuasan konsumen
  2. Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau

1.1.3    Strategi perusahaan

Memberikan pelayanan dan fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman, dan menjadikan diferensiasi sebagai strategi utama perusahaan.

1.3.         Bangunan / Tempat yang di butuhkan

Bangunan / tempat yang kami butuhkan untuk mendirikan bisnis ini adalah sekitar 500 m², dengan tempat makan in-door dan out-door, panggung musik, tempat buku, parkiran, kamar mandi, mushola, dan dapur.

1.4.         Waktu Operasional

Semerbak Coffee dibuka mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan 02.00 WIB.

1.6.         Kesan / Counter Style

Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan yaitu”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman ketika berada dalam pelayanan Kami, dan membuat pelanggan selalu ingin kembali ke kedai kopi Kami karena pelayanan berkualitas yang dapat memuaskan semua pelanggan.

1.7.         Konsep Promosi

Konsep promosi yang akan Kami lakukan yaitu dengan cara membuat iklan media cetak seperti pamflet, baner, brosur, dan membuat katalog yang berisi produk-produk yang kami pasarkan serta mempromosikan bisnis ini di Social-media agar masyarakat bisa lebih mudah mengetahuinya. Selain itu Kami juga mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan atau dengan cara dari mulut ke mulut.

1.8.         Target Pelanggan

Target pelanggan kedai kopi Kami adalah para Kaula Muda dan Mahasiswa karena pada masa-masa itu merupakan masa dengan tingkat kebutuhan refreshing yang lebih tinggi di bandingkan dengan Orang Tua atau Anak-anak.

 

BAB II

ANALISIS INDUSTRI

2.1.         Prespektif Masa Depan Usaha

Dengan terciptanya perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan khususnya makanan dan minuman dengan lokasi yang strategis dan nuansa yang terkesan lebih santai membuat Kami yakin usaha ini akan mengalami kemajuan yang signifikan seiring dengan kebutuhan para Kaula Muda dan Mahasiswa akan tempat hang-out.

2.2.         Analisis Persaingan

Berdasarkan hasil survey yang telah kami lakukan, pada umumnya cafe di Kota Yogyakarta masih menggunakan nuansa yang biasa di pakai oleh kebanyakan cafe lainnya di Indonesia, lain halnya dengan Kedai Kopi yang Kami hadirkan dengan nuansa yang lebih santai tapi mempunyai ciri khas tersendiri yaitu dengan adanya fasilitas peminjaman buku gratis yang bisa pelanggan baca ketika Mereka singgah di kedai kopi Kami. Jadi, selain pelanggan bisa menikmati secangkir kopi, para pelanggan juga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Seperti yang telah di jelaskan diatas, selain Kami menyediakan fasilitas buku, Kami juga menyediakan fasilitas alat musik dan Wifi sehingga membuat para pelanggan merasa nyaman berada di kedai kopi Kami.

Jika di lihat dari tempat kedai kopi ini di dirikan, di lokasi tersebut masih jarang terdapat cafe yang secara khusus menyediakan kopi sebagai menu utama. Kebanyakan cafe di daerah tersebut menyediakan makanan-makanan yang biasa di jual berbagai banyak tempat. Jadi, menurut Kami persaingannya tidak terlalu ketat, apalagi Kedai Kopi Kami memiliki sesuatu yang unik yang tidak dimiliki oleh kedai-kedai lainnya.

2.3.         Segmentasi Pasar

Semerbak Coffee membidik semua kalangan tapi lebih mengacu pada kalangan menengah kebawah seperti para Kaula Muda dan Mahasiswa  dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan tetapi juga tidak mengesampingkan kualitas produk sebagai tujuan utama kedai Kami.

2.4.         SWOT

2.4.1    Strenghts (kekuatan)

ü Harga terjangkau

ü Kualitas baik dan terjamin

ü Tersedia berbagai jenis kopi serta berbagai minuman dan makanan.

ü Memiliki ciri khas yang tidak di miliki oleh kedai lain

ü Fasilitas lengkap

ü Tempat yang bersih dan nyaman

ü Pelayanan yang memuaskan

ü Lokasi strategis

2.4.2    Weakness (kelemahan)

ü Keberadaan bahan baku yang baik dan berkualitas sangat  minim

2.4.3    Oportunities (peluang)

ü Terdapat banyak masyarakat khususnya anak muda yang konsumtif terhadap kopi

ü Permintaan pasar yang selalu meningkat

2.4.4    Threats (ancaman)

ü Muncul pruduk baru yang lebih unggul

ü Kenaikan harga bahan baku karena terbatas

ü Adanya kompetitor yang lebih di kenal masyarakat

2.5.         Sumber Bahan Baku

Untuk sumber bahan baku atau suplier biji kopi, Kami akan mengambil suplier bahan baku yang terjamin dan sudah terbukti kualitasnya, sehingga kami bisa menyajikan produk yang berkualitas dan tidak mengecewakan pelanggan karena sesuai dengan Misi perusahaan kedai kopi kami bahwa kepuasan pelanggan adalah nomor satu.

BAB III

DESKRIPSI USAHA

3.1.         Produk yang di hasilkan

Adapun kualitas produk yang Kami hasilkan yaitu :

ü Berkualitas dan dapat memuaskan pelanggan

ü Berbagai macam kopi dan  minuman lain

3.2.         Ruang lingkup usaha

Ruang lingkup usaha kedai kopi ini akan Kami rancang sebaik-baiknya karena semua itu dapat memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap maju mundurnya perusahaan Kami.

BAB IV

RENCANA PEMASARAN

4.1.         Penetapan harga

Harga yang akan kami tetapkan di Semerbak Coffee adalah harga yang dapat di jangkau semua kalangan masyarakat. Setelah kami pertimbangkan dengan sangat matang kami akan menetapkan harga awal dari produk kami seperti yang ada pada tabel di bawah ini :

No Jenis Produk Harga Produk
1 Espresso Rp.    9000
2 Espresso Macchiato Rp.   9.000
3 Espresso Conpanna Rp.   9.500
4 Americano Rp. 11.000
5 Cappuccino Rp. 10.000
6 Cafe Latte Rp. 15.000
7 Flat White Rp. 12.000
8 Cafe Breve Rp. 14.000
9 Cafe Mocha Rp. 15.000
10 White Coffee Rp  . 8.000
11 Mocaccino Rp. 12.000
12 Chochoccino Rp. 12.000
13 Dry Cappuccino Rp. 13.000
14 Cafe au lait Rp. 16.000
15 Nescafe Rp. 12.000
17 kopi Tubruk Rp. 10.000
18 Java Gold Rp.   8.000
19 Kopi Joss Rp.   5.000
20 Kopi Luwak Rp. 50.000

4.2.         Pelaksanaan Distribusi

Distribusi yang akan di lakukan oleh perusahaan kami yaitu menarik pelanggan sebanyak mungkin dan mendekati mereka dengan menggunakan strategi “costumer value added” agar penjualan dan laba perusahaan kami dapat meningkat seperti yang di harapkan dan para pelanggan semerbak coffee Coffee merasa puas berada dalam pelayanan kami.

4.3.         Strategi promosi

Strategi yang akan kami terapkan di semerbak Coffee yaitu :

ü Membuat pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan kami jual dan menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.

ü Memasang iklan di dunia internet khususnya social-media seperti facebook atau twitter yang banyak di ketahui oleh para Kaula muda

ü Membuat catalog yang berisikan tentang keadaan semerbak coffee dan berbagai macam produk yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.

BAB V

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Simpulan dari proposal ini adalah kita dapat membuat usaha ini dengan modal yang tidak terlalu besar, jika kita bisa menggunakan modal tersebut dengan baik dan kita dapat memutarkan kembali uang yang kita peroleh sebagai modal usaha.

  1. Saran

Dalam memulai usaha yang baik dan sukses kita harus mengetahui peluang usaha yang akan kita mulai, dengan kita mengetahui peluang usaha yang akan muncul maka kita akan mengetahui langkah-langkah yang harus di tempuh dalam memulai usaha tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s