soal saham preferen

Saham Preferen 

Saham preferen adalah saham yang pemiliknya akan memiliki hak lebih dibanding hak pemilik saham biasa. Pemegang saham preferen akan mendapat dividen lebih dulu dan juga memiliki hak suara lebih dibanding pemegang saham biasa seperti hak suara dalam pemilihan direksi sehingga jajaran manajemen akan berusahan sekuat tenaga untuk membayar ketepatan pembayaran dividen preferen agar tidak lengser.

Biasanya saham preferen juga dijual seperti saham biasa dan penjualannya meliputi 2 tipe pasar seperti berikut :

  • Pasar primer
  • Pasar sekunder

Karakteristik Saham Preferen

  1. Mempunyai tingkatan atau level, saham preferen bisa diterbitkan dengan ciri khas tertentu.
  2. Memiliki tunggakan dari penghasilan dan aktiva, untuk urusan pendapatan deviden saham preferen memiliki prioritasnya tersendiri.
  3. Dividen yang didapat sifatnya stack/kolektif, artinya saham jenis ini bisa mendapatkan dividen yang menumpuk jika sebelumnya tidak mendapatkan dividen sama sekali.
  4. Saham preferen umumnya bisa dijadikan kembali menjadi saham biasa dengan persyaratan persetujuan dari pihak penerbit saham dan pemegang saham.

PENGGUNAAN SAHAM PREFEREN DALAM KEPUTUSAN PEMBIAYAAN

Dalam beberapa jenis analisis, daham preferen diperlakukan sebagai hutang. Hal ini terjadi misalnya, dalam analisis yang dilakukan oleh calon pemegang saham, yang mempertimbangkan fuktuasi laba karena adanya beban biaya surat berharga yang tetap. Lain halnya jika analisis dilakukan olehpemegang obligasi yang sedang mengkaji posisi perusahaan terhadap kemunduran penjualan atau labanya. Karena deviden atas saham preferen tidak digolongkan sebagai kelalaian perusahaan memenuhi kewajibannya. Saham preferen merupakan sebuah sarana peredam yang menyediakan saran kepemilikan tambahan. Bagi para pemegang saham, saham preferen lebih merupakan instrumen yang mendorong leverage seperti halnya hutang. Bagi paara kreditor saham preferen merupakan modal tambahan. Jadi, saham preferen ini dapat diperlakukan sebagai hutang atau sebagai kepemilikan tergantunga pada segi permasalahan yang dipertimbangkan.

Ada beberapa jenis saham preferen, antara lain:

-.   Saham preferen partisipasi; saham preferen yang membagikan dividen kepada pemegangnya; pemilik saham ini setelah menerima deviden tetap mempunyai hak untuk membagi keuntungan yang dinyatakan sebagai dividen kepada pemegang saham biasa (participating preference shares).

-.  Saham preferen nonkumulatif; saham preferen yang tidak mempunyai hak untuk memdapatkan dividen yang belum dibayarkan pada tahun-tahun yang lalu secara kumulatif (noncummulative preferred stock).

 

Contoh Kasus Saham Preferen

  1. Diasumsikan bahwa Stine Corporation menerbitkan 10.000 Saham seharga $12 per lembar dengan nilai nominal $10. Jurnal untuk mencatat penerbitan tersebut adalah :

Kas                                                                                          120.000

Saham Preferen                                                                                               100.000

Agio Saham ( Nilai Nominal ) – Saham Preferen                                              20.000

(Mencatat penerbitan 10.000 saham Preferen

Dengan  nilai Nominal $10 )

  1. Asumsikan bahwa Scientific-Leasing memiliki 5.000 Saham Preferen kumulatif beredar, 7% nilai nominal $100. Dividen tahun ini sebesar $35.000 ( 5.000 x $7 per lembar ), tetapi dividen belum dibagikan untuk 2 tahun. Dalam kasus ini, pemegang saham preferen memiliki hak untuk menerima dividen pada tahun berjalan

Dividen belum terbayar ( $35.000 x 2 )                $ 70.000

Dividen tahun berjalan                                          $ 35.000    +

Total Dividen Preferen                                         $ 105.000

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s