Bentuk Hambatan Berwirausaha

HAMBATAN – HAMBATAN DALAM BERWIRAUSAHA
Kendala internal adalah kendala yang timbul dari dalam diri mahasiswa tersebut. Sedangkan kendala ekternal adalah kendala yang timbul dari luar diri mahasiswa. Kendala internal meliputi :
• kurangnya modal untuk melakukan peningkatan usaha,
• rasa enggan yang cukuptinggi untuk berurusan dengan bank dalam hal untuk memperoleh tambahan modal,
• kurangnya pengetahuan tentang menjalankan dan mempertahankan suatu bisnis usaha ,
• adanya keengganan untuk menambah wawasan dalam berwirausaha
• dan masih adanya rasa kurang percaya diri.
Sedangkan kendala ekternal meliputi :
• kurangnya dukungan bahkan tidak adanya dukungan dari orang tua untuk berwirausaha.
• Orang tua cenderung memilih anaknya bekerja di suatu perusahaan dibandingkan berwirausaha.
• Selain itu terbatasnya dukungan dari kampus
• Dan pemerintah dalam hal bantuan melakukan pameran khusus yang berkelanjutan bagi mahasiswa yang wirausahanya baru berkembang.
• Serta terbatasnya dukungan dari sektor perbankan dalam hal bantuan modal dengan tingkat bunga yang ringan untuk kalangan mahasiswa
TANTANGAN DALAM BERWIRAUSAHA
1. Tekanan terhadap sumber daya keuangan yang sudah ada. Pertumbuhan membutuhkan sumber daya keuangan dalam jumlah besar. Dengan sumber daya keuangan yang besar ini perusahaan menjadi rentan terhadap biaya tidak terduga yang dapat mendorong perusahaan melebih batasnya dan membuatnya bangkrut. Kelonggaran sumber daya dibutuhkan untuk melindungi terhadap kebanyakan goncana linkungan dan untuk mengembangkan inovasi lebih jauh.
2. Tekanan terhadap sumber daya manusia Pertumbuhan juga disokong oleh jumlah tenaga kerja. Masalah moral, kejenuhan, dan perputaran yang meningkat. Masuknya tenaga kerja baru akan mengikis budaya kerja, yang merupakan masalah terutama jika perusahaan bergantung pada kultur organisasi sebagai sumber keunggulan kompetitif.
3.Tekanan terhadap pengelolaan tenaga kerja Seiring perkembangan perusahaan mereka membutuhkan perubahan gaya manajemen, artinya mengubah cara mereka menghadapi pekerja. Pengambilan keputusan manajemen yang merupakan hak eksklusif pengusaha dapat menjadi sesuatu yang berbahaya bagi kesuksesan pertumbuhan perusahaan karena pekerja telah dilibatkan dalam seluruh keputusan penting sejak bisnis tersebut dbuat.
4. Tekanan terhadap waktu pengusaha Pertumbuhan memakan waktu pengusaha, tetapi ketika pengusaha mengalokasian waktu untuk berkembang, maka waktu itu harus dialokasikan dari aktifitas lainnya, dan ini dapat menimbulkan masalah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s